Gunung Dempo, Pagar Alam

Gunung Dempo memiliki puncak dengan ketinggian 3.159 meter dari permukaan laut, terletak di provinsi Sumatera Selatan tepatnya dekat dengan kota Pagar Alam yang terkenal dengan hasil pertaniannya berupa kopi dan teh. Kopi yang dihasilkan dari daerah Pagar Alam adalah kopi robusta yang terkenal enak.
Gunung Dempo dapat dicapai dari kota Palembang ibukota provinsi Sumatera Selatan sekitar tujuh jam perjalanan dengan menggunakan kenderaan roda empat hingga kota Pagar Alam.  Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.
Dari kota Pagar Alam, dapat menggunakan kenderaan roda empat untuk mencapai lokasi titik awal pendakian lewat jalan ke arah jurusan Pabrik Teh PTPN VII Persero yang jaraknya mencapai 8 km dari terminal kota Pagar Alam. Jalan yang dilalui sudah cukup bagus karena sudah diaspal. Dari titik awal ini para pendaki melanjutkan perjalanan ke puncak dengan berjalan kaki karena jalan yang ada hanya jalan setapak.
Di lokasi titik awal ini tersedia sarana kamar mandi umum dengan air yang bersih tersedia dengan berlimpah.
Pada hari-hari biasa di Gunung Dempo dapat ditemui banyak orang yang sengaja naik ke puncak utuk mencari kayu atau sekedar berhiking. Adapun wisatawan yang sengaja menyambangi pintu pendakian dengan hanya untuk berwisata di lerang gunung Dempo, menikmati perkebunan teh yang udaranya sejuk.
Pendakian ke arah puncak utama tidak terlalu sulit karena lerengnya terdiri dari kerikil dan batu-batu dengan kemiringan lereng sekitar 40°, cukup stabil untuk didaki. Puncak utama gunung Dempo (3159 m), merupakan kawah gunung berapi yang masih aktif dengan diameter sekitar seratus meter persegi. Pemandangan dari puncak cukup mengasyikan. Jika tidak tertutup awan, pandangan akan lepas memandang daratan Bengkulu jika menghadap arah selatan

Perkebunan teh di Gunung Dempo yang sudah ada sejak jaman Belanda


Lokasi Titik Awal Pendakian atau Tugu Rimau ketinggian 1820 m

Pemandangan ke arah kota Pagar Alam dari lokasi Tugu Rimau

No comments

Home