Tapian Nauli




TELUK TAPIAN NAULI, EKSOTIKA PANORAMA PERAIRAN DI PESISIR KOTA SIBOLGA
Kota Sibolga, merupakan sebuah kota yang terletak di pesisir Sumatera Utara tepatnya di Kabupaten Tapanuli Tengah. Kota yang mempunyai gelar Negeri Berbilang Kaum ini memang dihuni oleh berbagai etnis dari berbagai daerah di Indonesia, seperti etnis Batak yang merupakan etnis yang jumlahnya mayoritas, etnis Melayu, etnis Minang, serta etnis Jawa. Meskipun terdiri dari berbagai etnis, penduduk di kota ini sangat harmonis dalam perbedaan yang ada bahkan rasa persaudaraan antara berbagai etnis tersebut sangat kuat.
Berbicara tentang kota Sibolga, tak lengkap rasanya apabila kita tidak membicarakan perairan yang berada di pesisir kota Sibolga. Perairan tersebut bernama Teluk Tapian Nauli, bagi sebahagian besar masyarakat Sumatera Utara mendengar nama Tapian Nauli mungkin sudah tidak asing lagi. Namun tidak semua dari masyarakat Sumatera Utara mengetahui bahwa Tapian Nauli adalah sebuah teluk yang terdapat di pesisir Kota Sibolga sebab selama ini nama Tapian Nauli dikatakan sebagai nama lain dari kota Sibolga.
Teluk Tapian Nauli, begitulah namanya. Teluk Tapian Nauli merupakan sebuah perairan yang membentang dari pusat kota Sibolga ke arah lautan lepas. Jika dilihat dari atas Bukit Barisan yang merupakan jejeran perbukitan tertinggi di Kota Sibolga, Teluk Tapian Nauli ini terlihat berwarna kebiruan serta dihiasi oleh beberapa pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya seperti Pulau Mursala, Pulau Poncan Gadang, Pulau Poncan Ketek, Pulau Pasir Putih, Pulau Situngkus, Pulau Batu Gajah serta beberapa pulau lainnya.
Pulau-pulau di sekitar perairan Teluk Tapian Nauli ini ada yang dihuni oleh penduduk dengan berbagai etnis, hingga pulau yang sama sekali tidak berpenghuni. Teluk Tapian Nauli ini merupakan perairan yang menghubungkan antar pulau tersebut, dan berfungsi sebagai jalur pelayaran serta lintasan menuju berbagai objek wisata bahari di Kota Sibolga.
Bahkan kabarnya, pada masa kedatangan kolonial Belanda, Portugis dan Inggris ke Indonesia di zaman kolonial, Teluk Tapian Nauli juga merupakan salah satu jalur yang digunakan oleh mereka untuk memasuki wilayah Sumatera Utara serta digunakan juga sebagai jalur perdagangan antar negara. Hal itu disebabkan letak Teluk Tapian Nauli ini sangat strategis berada di pesisir Pulau Sumatera, sehingga memudahkan lintasan kapal besar maupun kecil.
Tak hanya menghubungkan antar pulau dan sebagai lintasan saja, Teluk Tapian Nauli juga memiliki sumber daya alam yang melimpah mulai dari ragam jenis ikan hias, bebatuan karang hingga terumbu karang yang jenisnya cukup banyak. Ya, semua jenis biota laut tersebut merupakan panorama yang sangat eksotis di kedalaman Teluk Tapian Nauli.
Perairan di teluk ini pun terbilang sangat alami, memiliki kualitas perairan yang sangat terjaga dan jauh dari pencemaran air sehingga berbagai biota laut di perairan Teluk Tapian Nauli ini berkembangan dengan baik. Terumbu karang yang berjenis langka pun terdapat di Teluk ini, terumbu karang tersebut bernama Coral Reef dan keberadaannya kini sangat di lindungi oleh sebuah lembaga yang bernama COREMAP yang juga bekerja sama dengan Pemerintah setempat.
Tentunya karena biota laut yang begitu indahnya, Teluk Tapian Nauli ini sering menjadi tujuan para wisatawan untuk melakukan kegiatan snorkling dan diving. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menikmati keindahan bawah laut sembari mempelajari kehidupan ragam jenis ikan yang terdapat di perairannya.
Tak hanya itu, di Teluk Tapian Nauli juga terlihat banyak sekali perahu-perahu yang berlalu lalang. Perahu tersebut adalah perahu milik nelayan yang sedang beraktivitas di sekitar perairan. Bahkan tak jarang beberapa dari perahu nelayan tersebut membawa para wisatawan yang akan melakukan kegiatan memancing di sekitar Teluk Tapian Nauli.
Bagaimana tidak ? Potensi ikan yang terdapat di Teluk ini sangat bagus, bahkan beberapa jenis ikannya pun merupakan ikan yang langka dan harganya sangat mahal, seperti ikan Tuna yang ukurannya sangat besar bahkan beratnya saja ada yang mencapai 150 kilogram, sehingga mendengar potensinya yang seperti itu memberikan tantangan tersendiri bagi para pemancing untuk mendapatkan ikan tersebut.
Selain ikan, terdapat juga beberapa jenis lobster yang harganya sangat mahal, sehingga terlihat juga beberapa tambak milik para pembudidaya lobster yang menghiasi di beberapa kawasan Teluk Tapian Nauli. Dan menurut informasi, ikan dan lobster yang terdapat di perairan Teluk Tapian Nauli ini juga di ekspor ke berbagai daerah di Indonesia maupun ke luar negeri seperti Singapura dan Hongkong. Sebab, peminat ikan dan lobster di kedua negara tersebut jumlahnya cukup banyak.
Anda pun dapat berkeliling di sekitar perairan Teluk Tapian Nauli sembari melakukan kegiatan memancing ataupun sekedar berjalan-jalan dengan menggunakan perahu boat. Anda juga dapat singgah dari satu pulau ke pulau lainnya yang terdapat di sekitar Teluk Tapian Nauli, dari mulai pulau besar maupun pulau kecil yang tak berpenghuni.
Sebab pulau-pulau tersebut jaraknya tidak terlalu jauh dan masing-masing memiliki potensi wisata yang sangat menarik seperti Pulau Mursala dengan air terjunnya, Pulau Poncan Gadang dan Poncan Ketek dengan panorama pantai dan resortnya serta pulau-pulau kecil yang tidak berpenghuni dan memiliki bentuk yang unik seperti Pulau Batu Gajah yang bentuknya hanya sebesar gajah dewasa dan disekitarnya hanya terdapat bebatuan, atau Pulau Situngkus yang bentuknya menyerupai Nasi Tungkus berbentuk segitiga. Bahkan Pulau Situngkus sendiri sudah samar-samar terlihat ketika berada di dermaga Kota Sibolga.

Sumber: http://jalan2.com

Peta Lokasi

No comments

Home