Lima aset geopark Indonesia

Lima aset geopark Indonesia

Saat ini Indonesia memiliki lima lokasi geopark nasional selain geopark Gunung Batur yang sudah menjadi geopark Unesco, kelimanya adalah sebagai berikut:

1. Merangin 

Daya tarik geopark Merangin adalah fosil flora dan fauna yang berasal dari 290 juta tahun lalu berada di daerah Jambi (Bagian tengah Pulau Sumatera).

2. Kaldera Danau Toba


Geopark Kaldera Toba
Foto Danau Toba, Wego Photo Contest/ Martin Purba (@MartinPrb)

Danau Toba dikenal sebagai kaldera terbesar di dunia yang  terbentuk oleh proses geologi gunung api, dimana Danau ini terbentuk setelah terjadi  tiga kali letusan super volcano pada 800.000, 500.000, dan yang terakhir pada 70.000 tahun lalu. Saat terjadi letusan tersebut pengaruhnya hampir ke seluruh permukaan bumi akibat ledakannya yang sedemikian dahsyat. .

3. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Foto Geopark Raja Ampat
Foto Raja Ampat
Tatu Compis
Kawasan raja Ambat adalah kawasan laut dengan terumbu karang dan pulau-pulau yang memiliki keindahan alam yang berada Pulau Papua tepatnya di kawasan Kepala Burung.

4. Gunung Sewu


Geopark Gunung Sewu
Pantai Klayar, Foto Frankie Budiharjo

Gunung Sewu adalah kawasan geopark yang memiliki gua karst dan benda peninggalan purbakala. Gunung ini terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ada sekitar 10 dari puluhan karst Gunung Sewu yang akan dikunjungi UNESCO untuk menilai apakah kawasan ini pantas menjadi Situs Warisan Dunia.
Sepuluh karst tersebut yaitu Pancer Door (sebelah timur kawasan wisata Pantai Peleng Ria di Kelurahan Sidoarjo, Kecamatan Pacitan), karst di Tamperan Gung (perbukitan yang berada di kawasan Pantai Tamperan, Desa Tamperan, Kecamatan Pacitan), karst di Tamperan Atas (perbukitan yang berada di kawasan Pantai Tamperan, Desa Tamperan, Kecamatan Pacitan), karst di Pantai Klayar (Desa Sendang, Kecamatan Donorojo), stalaktit dan stalagmit di Goa Gong (Desa Bomo, Kecamatan Punung), stalaktit dan stalagmit Goa Tabuhan (Desa Wareng, Kecamatan Punung), stalaktit dan stalagmit di Goa Song Terus (Desa Wareng, Kecamatan Punung), sedimentasi di Telaga Guyang Warak (Kecamatan Punung), Sungai Bak Soka (Kecamatan Punung), dan artefak peninggalan purbakala (Dusun Ngrijang, Desa Sekar, Kecamatan Donorojo).

5. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
SEGARA ANAKAN Geopark Rinjani
Danau Segara Anakan, Foto Kiky Risky

Gunung vulkanik dengan danau berbentuk bulan sabit Segara Anakan ini merupakan kawasan yang sangat diminati petualang alam. Gunung Rinjani (+3726 meter) merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia, setelah Gunung Kerinci (+3800 meter) di Sumatera.

Itulah kelima aset geopark Indonesia yang menjadi destinasi wisata pilihan di Indonesia.

Sumber: http://www.wego.co.id/

No comments

Home