Enaknya Berendam Air Panas di Berastagi

Karo - Sumber air panas banyak terdapat di Sumatera Utara. Salah satu tempat terbaik berendam air panas, untuk liburan akhir pekan kali ini adalah di Berastagi. Pemandangannya adalah Gunung Sibayak, mantap!

Desa Semangat Gunung, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo, sudah lama menjadi lokasi wisata favorit warga Medan dan sekitarnya. Di desa yang berjarak sekitar 60 kilometer dari Medan ini terdapat tujuh tempat mandi air belerang yang komersil, namun yang terbesar ada di ujung jalan desa, namanya Alam Sibayak.

Areal parkirnya luas dan yang terpenting, kolamnya banyak, bahkan ada yang VIP sehingga pengunjung bisa menentukan sendiri tingkat privasi yang diinginkannya. detikTravel mampir ke tempat ini, Rabu (20/11/2013) kemarin.

Dari lokasi pemandian ini, kawah luar Gunung Sibayak menjadi sajian pemandangan yang menarik. Kawah gunung itu masih aktif mengeluarkan asap sulfatara. Asap itu sering meliuk ditiup angin gunung sebelum akhirnya menghilang. Inilah atraksi yang bisa disaksikan sembari duduk berendam air belerang di dalam kolam yang berantai dan dinding keramik tersebut.

"Di mana-mana kolam air panas belerang khasiatnya itu sama, tetapi pemandangannya yang berbeda," kata Hanika, salah seorang wisatawan lokal yang berkunjung ke pemandian air panas itu.

Seperti kebanyakan pengunjung, sembari berendam Hanika mengoleskan belerang di wajahnya untuk mengurangi jerawat. Belerang dibeli dari pengelola dengan harga Rp 5.000 untuk satu kantung plastik kecil. Selain belerang, minuman hangat hingga ikan goreng juga dijual di sini. Sementara pondok-pondok wisata dan penginapan juga tersedia jika berekreasi bersama keluarga.

Tentu saja waktu terbaik untuk berendam sambil menyaksikan pemandangan khas itu pada waktu cuaca lagi terang. Jika bukan pada akhir pekan maupun hari libur, wisatawan tak begitu banyak. Pengunjung bisa dengan bebasnya berpindah-pindah kolam seukuran setengah lapangan bulutangkis itu.

Ada sebelas kolam di dalam komplek ini. Pengunjung yang sebelumnya membayar biaya masuk Rp 10 ribu per orang, bebas memilih mau menggunakan kolam yang mana. Pria atau wanita, bisa bisa bergabung dalam satu kolam. Jika mau menggunakan kolam yang VIP boleh juga, biaya tambahannya Rp 50 ribu.

Waktu berendam tak dibatasi, bisa sepuasnya sejak buka pukul 08.00-22.00 WIB. Hari Minggu, pemandian ini malah buka 24 jam. Hal itu bisa dilakukan sebab air panas yang bersumber dari gunung dan dialirkan melalui pipa paralon itu juga mengalir 24 jam dengan kadar panas yang konstan.

Mengenai manfaat berendam air belerang ini, sama seperti kolam berelang lainnya. Dapat mengurangi penyakit kulit, dan bermanfaat untuk merangsang syaraf motorik dan sensorik tubuh. Ihwal manfaat berendam itu tertulis di dinding-dinding kolam.

Jadi, kalau Anda sedang berada di Medan atau di sekitar Karo, ini dia tempat yang tepat untuk menghilangkan penatnya kerja selama seminggu. Nikmatilah air yang panas dan pemandangan yang segar di Berastagi!

No comments

Home